Beranda > Sehat > Manfaat Kacang Tanah

Manfaat Kacang Tanah

Kacang Tanah (Arachis hypogea L) adalah sejenis spesies kacang-kacangan dari famili Fabaceae yang berasal dari Amerika serikat. Kacang tanah adalah sejenis tanaman tropika. Ia tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dan mengeluarkan daun-daun kecil.

Kacangnya pula tumbuh didalam tanah. Kacang tanah biasanya dimakan langsung tanpa diolah dan juga disajikan dalam berbagai cara seperti direbus, digoreng, dibakar, dihancurkan dan berbagai lagi tergantung selera seseorang itu mengolah makanan ini.

Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.

Kacang tanah mengandung bahan yang dapat menjaga stamina dean  mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat.
Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 0ns kacang  tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.

Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.

Kajian-kajian menunjukkan kacang tanah dapat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan juga kandungan kolestrol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, penyakit keputihan dan insomnia.

Namun Kacang tanah tidak disarankan  pada mereka yang mempunyai penyakit kanker payudara dan  jerawat atau acne

Kategori:Sehat
  1. jjj
    29 Oktober 2010 pukul 22:12

    Saya paling suka kalo istirahat kantor makan Ketoprak daripada gulai,soto2an /burger coz makanan alami kacang,toge,kecap punya keunggulan.selain itu murah dan meriah nyammm…

  2. 13 Mei 2010 pukul 03:55

    hm.,.menarik,.tapi klo diolah dulu apakh berkurang khasiatnya mas,.misal diibikin snack kyak sukro ato atom gtu??

    ak mo nny jg, masnya tau gak struktur biokimia sperti apa yang ada di ketan item ato bllimbing wuluh,.ketan item dijadikkan bahas sel surya oleh mhsswa itb, trus klo blmbng wuluh bisa mnghasilkan listrik hanya dengan mngmbil sarinya dan dikasih tanah liat (bisa dicari di gugel),.saya ndak ktemu2 e cari struktur biokimnya,.mngkin masnya tau bisa di share infonya,.matur sembah nuwun

    *kunjungan balik

  3. 12 Mei 2010 pukul 17:08

    weww.. selain enak, ternyata kacang banyak manfaatnya jg yah… siipp dah…
    thanks infonnya gan.. 😀

  4. 12 Mei 2010 pukul 05:48

    Kayanya enak nih, dan yang pasti bagus buat kesehatan ya?

    • 12 Mei 2010 pukul 23:17

      Enak n khasiatnya juga banyak, mas….

  5. darahbiroe
    11 Mei 2010 pukul 02:33

    selmat pagi
    mmpir lagi disini
    salam blogger

    • 11 Mei 2010 pukul 23:14

      Fajar,mas….
      Silahkan….

  6. 10 Mei 2010 pukul 09:10

    snack favorite ketika nonton Bola…

    • 11 Mei 2010 pukul 23:21

      Eunak….eunak…eunak….

  7. darahbiroe
    10 Mei 2010 pukul 04:40

    wahh
    meski pada bilang takut ma kacang
    aku hobi kok maem kacang hehehe
    enak gila😀

    • 11 Mei 2010 pukul 23:24

      yup, banyak manfaatnya, mas….

  8. 7 Mei 2010 pukul 12:35

    ini salah satu makanan yang paling di pantangin karena hihi.. bis suka jerawat klo makan kacang ckck,,,
    tapi manfaatnya banyak juga yah..

    • 9 Mei 2010 pukul 15:15

      ya…begitulah setiap benda yang dibumi pasti ada manfaat dan madhorotnya …tingal kita menempatkan aja yang pas…

  9. 6 Mei 2010 pukul 06:40

    selamat pagi.

    emang, kalo saya habis makan banyak kacang, langsung muncul jerawat.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    • 9 Mei 2010 pukul 15:20

      pagi juga….itu masih mending yang muncul jerawat …kalau makan kacangnya sampai sekrenjang yang muncul jer akhwat…karena mereka ngak kebagian kacangnya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: