14 Des

MARKISAH BIKIN HIDUP SEMAKIN HIDUP

Oleh ruhindo pada Sehat. Ditandai:, , . Tinggalkan sebuah Komentar | Sunting

Markisa Passiflora edulis kini menjadi buah favorit masyarakat Thailand karena terbukti berkhasiat menyembuhkan penyakit. “setelah setahun mengkonsumsi jus markisa segar 2 kali seminggu, gejala alergi kronis saya sembuh,” kata dr Pakokm Inthrasongkra, seorang ahli radiologi berusia 47 tahun.
Dokter ahli radiologi di salah satu rumah sakit ternama di Bangkok itu pertama kali mencoba markisa padad tahun 1998. “Resepnya sederhana saja. Daging markisa yang penuh biji halus diaduk dalam air dengan perbandingan sama. Namun, jika buah segar tampak bagus, saya langsung menyendok daging dan mengunyahnya, “ujar dr Pakom.
Setelah mengkonsumsi rutin selama setahun, gejala alergi itu hilang sama sekali. Kontan ia menyebarluaskan pengalamannya kepada kawan-kawan seprofesi. Setelah melewati proses uji oleh ahli gizi di rumah sakit itu, markisa diperkenalkan sebagai menu selingan bagi para pasien rawat inap.
ANTIOKSIDAN
Ternyata hasilnya positif terhadap pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal. Para dokter percaya markisa memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan buah anggota famili Passifloraceae itu dideteksi mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Diduga khasiat markisa berfungsi sebagai komplementer saat ginjal bekerja.
Berdasasrkan hasil penelitian laboratorium, passaon fruit ternyata mengandung vitamin C dosis tinggi dan antioksidan. Konsumsi 3 buah sehari dipercaya meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.
Buah seukuran telur ayam itu pun terbukti mengurangi risiko-absorsbi usus besar, menyembuhkan masalah kontipasi (sulit buang air besar), serta mengurangi stres, kadar kolesterol dalam darah, dan gejala sesak nafas. Pantas saja di Thailand, markisa tersedia di gerai-gerai minuman kesehatan sebagai jus kesehatan dan awet muda.
Pada awalnya masyarakat enggan mengkonsumsi karena dinilai beraroma menyengat. Ia sempat dinamai kratokrok farang yang berarti buah bulat burik dan kusam. Namun , setelah Ratu Sirikit mempopulerkan nama baru saowarot-yang berarti buah simanis-markisa menjadi terkenal.
Apalagi setelah gencar dipromosikan oleh para dokter ahli penyakit dalam karena berkhasiat sebagai penyembuh alami. Beberapa pasien gejala kanker awal terbukti sembuh mengkonsumsi markisa secara rutin. Kandungan bahan tertentu didalamnya diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
MELUAS
Permintaan pasar lokal terus meningkat sejalan dengan kesadaran orang Thailand akan khasiat markisa. Wajar jika kebunnya secara bertahap bertambah luas. Lebih dari 10 tahun lalu markisa hanya tumbuh di wilayah utara negeri gajah putih itu sebagai pilot project milik yayasan Raja Bhumibol Adulyadej. sekarang penanaman meluas hingga ke wilayah timur laut yang beriklim kering. Alhasil, granadilla-sebut6an lainnya-kini dengan mudah dijumpai di passar-pasar.
Jenis paling enak dan menjadi favorit orang Thailand adalah markisa berkulit ungu yang ditanam di kebun proyek kerajaan.

Kategori:CETROL N-15
  1. 16 Februari 2011 pukul 12:53

    Mohon izin copas manfaat markisah yg ditulis disini ya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: