Beranda > CETROL N-15 > Buah Merah dari Papua

Buah Merah dari Papua

MANFAAT BUAH MERAH DARI PAPUA


Apakah buah merah ITU ? Buah merah (Pandanus conoideus) atau yang dikenal luas di Wamena dengan nama tawi / sauk ekendi adalah tanaman asli Papua yang tumbuh di dataran rendah (40 m dpl) sampai dataran tinggi (2.000 m dpl). Namun populasi terbanyak terdapat di dataran dengan ketinggian 1.200 hingga 2.000 m dpl. Buah merah biasa tumbuh bergerombol dalam satu area, jarang tumbuh menyendiri. Buah merah tumbuh di daerah dengan suhu di bawah 17 derajat Celcius dengan curah hujan rata-rata 186 mm per bulan dan jumlah penyinaran matahari 57% dan tekanan udara rata-rata 896 mb. Tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dgn pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16m dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5 sampai 8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah. Kultivar buah berbentuk lonjong dgn kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah maroon terang. Walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yg berbuah berwarna coklat dan coklat-kekuningan. Budidaya tanaman dipelopori oleh seorang warga lokal Nicolaas Maniagasi sejak tahun 1983, dan atas jerih payahnya tersebut mendapatkan penghargaan lingkungan hidup Kehati Award 2002. Buah merah sudah secara turun-temurun dikonsumsi oleh masyarakat Papua sebagai penambah energi dan daya tahan tubuh.

Kehebatan buah merah mulai terkuak setelah seorang peneliti dari Universitas Cendrawasih, Drs. I Made Budi MSi, pada akhir tahun 2004 lalu mengungkapkan secara ilmiah tentang khasiat pengobatan dan kandungan gizi yang luar biasa yang dikandung dalam buah ini. Sebagai ahli gizi dan dosen Universitas Cendrawasih beliau sempat mengamati secara seksama kebiasaan masyarakat tradisional di Wamena, Timika dan desa-desa kawasan pegunungan Jayawijaya yang mengonsumsi buah merah sebagai obat cacing, penyakit kebutaan, dan penyakit kulit.


Menurutnya, buah ini mengandung zat-zat alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme. Diantaranya adalah karotenoid, betakaroten, alfa tokoferol, asam oleat, asam linoleat, asam linolenat dan dekanoat, omega 3 dan omega 9 yang berperan sebagai senyawa anti radikal bebas pengendali beragam penyakit seperti kanker, hipertensi, paru – paru dan infeksi. Selain itu, buah merah mengandung banyak kalori untuk menambah energi, kalsium, serat, protein, vitamin B1, vitamin C dan nialin. Kandungan kalorinya tinggi, mencapai 400 kilo kalori /100 gram daging buah. Tak heran jika setelah meminumnya orang akan merasa bugar dan nafsu makan meningkat.

Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan flek pada arteri. Jadi aliran darah ke jantung dan otak berlangsung tanpa sumbatan. Interaksinya dengan protein meningkatkan produksi antibodi. Ini meningkatkan jumlah sel pembunuh alami dan memperbanyak aktifitas sel T Helpers dan limposit. Suatu kutipan studi membuktikan konsumsi betakaroten 30-60 mg/hari selama 2 bulan membuat tubuh dapat memperbanyak sel-sel alami pembasmi penyakit. Bertambahnya sel-sel alami itu menekan kehadiran sel-sel kanker karena ampuh menetralisasikan radikal bebas senyawa karsinogen penyebab kanker.

Dalam beberapa penelitian terbatas yg dilakukan I Made Budi dengan metode pengobatan langsung dengan sari buah Buah Merah, peneliti mengungkapkan keberhasilan yg amat tinggi dalam upaya pengobatan yg dilaksanakan terhadap penyakit yaitu; tumor otak, tumor kandungan, tumor payudara, kanker hati, bahkan juga HIV/AIDS yg sebagian besar kasus penyembuhan terjadi atas pasien-pasien di Papua maupun penderita penyakit di p.Jawa.

Buah merah memang tokcer mengganyang sel kanker. Riset – riset di laboratorium mendukung bukti empiris tersebut. Semua itu bukan isapan jempol belaka, tapi datang dari balik dinding laboratorium seperti yang sudah dilakukan oleh Prof. Elin Yulinah Sukandar dari Farmasi Institut Teknologi Bandung, Drs. I Made Budi M.Si. dari Universitas Cendrawasih, Dr. Mappiratu dari Universitas Tadulako Palu, Prof. Dr. AR Sidik, guru besar Jurusan Farmasi Universitas Padjajaran, Prof Dr. Lathifa Darusman M.Si. dari Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor (IPB), termasuk juga Puslitbang Farmasi Universitas Airlangga dan Universitas Katolik Widya Mandala, serta diberbagai pusat riset kesehatan di Moskwo Rusia, Taiwan, China dan Amerika Serikat.
Percobaan yang dilakukan pada seekor tikus putih untuk membuktikan secara ilmiah kekhasiatan minyak buah merah.

Penyakit apa saja yang terbukti dapat disembuhkan oleh khasiat buah merah? berikut adalah sebagian diantaranya:

1. berbagai khasiat dari minyak buah merahAIDS
Walaupun para ahli telah bertahun-tahun mencoba membuat obat untuk menyembuhkan AIDS tetap saja obatnya masih belum ditemukan. Mungkin Anda sendiri merasa tidak percaya mengenai khasiat buah merah yang satu ini. Namun khasiat buah merah untuk menyembuhkan AIDS sudah terbukti. Salah satu seorang yang terbebas dari cengkeraman kematian akibat AIDS adalah Agustina Sawery.

Agustina Sawery sempat menurun berat tubuhnya dari 50 kg menjadi 27 kg. Ia mengalami infeksi anus, gangguan fungsi hati, mulut bercendawan dan infeksi paru-paru. Nampaknya Agustina tinggal menunggu jam kematiannya. Maka dia datang kepada Drs I Made Budi MS.Saat itu Made sudah dikenal luas di Papua lantaran kerap mengobati penyakit seperti kanker dengan ekstrak buah merah. Kemudian Agustina diberikan ekstrak buah merah yang dikonsumsi tiga kali sehari.

Sejak mengkonsumsi buah merah keadaannya mulai membaik. Berat badannya yang sempat turun sampai menjadi 27 kg mulai meningkat menjadi 46 kg. Kulitnya yang semua busik menjadi mulus kembali. Rambutnya yang sempat rontok mulai tumbuh lagi. Agustina menjadi jauh lebih bugar.

Dikabarkan bahwa kemampuan buah merah menyembuhkan AIDS adalah karena buah merah mengandung tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tokoferol dan betakaroten akhirnya berkombinasi untuk memecah asam amino yang dibutuhkan oleh virus penyebab AIDS, HIV, sehingga virus tersebut tak dapat melangsungkan hidupnya.

2. Kanker dan Tumor
Khasiat lain buah merah adalah mengobati kanker dan tumor. Kanker dan tumor tak diragukan lagi merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Disebabkan oleh apa kanker dan tumor itu? Penyakit ini disebabkan oleh ketidakteraturan hormon dalam tubuh yang menyebabkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal.

Buah merah dapat mengobati kanker karena kandungan tokoferolnya sangat tinggi, yaitu mencapai 11.000 ppm dan betakarotennya mencapai 7.000 ppm. Kedua senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah pembiakan sel-sel kanker.

3. Stroke dan Darah Tinggi
Stroke disebabkan oleh darah yang membeku dan penyempitan pembuluh darah. Salah satu penyebab penyakit ini adalah darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan penggumpalan darah sehingga pembuluh darah menyempit, akibatnya supplai darah berkurang. Lebih dari itu, pembuluh darah bisa pecah. Penyakit ini, bila tidak menyebabkan kematian, dapat menyebabkan kelumpuhan anggota badan.

Darah tinggi sendiri disebabkan oleh kerja jantung yang memompa darah terlalu cepat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh karena darah kekurangan oksigen atau oksigen yang terlalu kental.

Buah merah mengandung tokoferol yang dapat mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.
4. Asam Urat
Asam urat disebabkan karena terganggunya fungsi lever sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Asam urat akhirnya tertampung di dalam ginjal menjadi batu dan dibawa ke ujung-ujung jari tangan dan kaki serta mengumpul di sana.

Tokoferol dalam buah merah mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever. Sistem kerja lever, setelah diperbaiki, memproduksi kadar asam urat yang normal.

5. Diabetes Mellitus (Kencing Manis)
Penyakit ini disebabkan karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai. Akibatnya, kandungan gula dalam darah meningkat.

Kandungan tokoferol dalam buah merah memperbaiki kerja pankreas sehingga fungsi pankreas menjadi normal kembali.

6. Osteoporosis
Disebabkan pengeroposan tulang, osteoporosis disebabkan oleh kekurangan kalsium. Penyakit ini umumnya menyerang mereka yang sudah berusia senja.

Buah merah kaya akan kalsium sehingga dapat mencegah dan mengobati osteoporosis. Dalam 100 gram buah merah segar terkandung 54.000 miligram kalsium.

7. Gangguan Mata
Kandungan betakaroten yang tinggi dalam buah merah dapat mengatasi banyak jenis penyakit mata yang disebabkan kekurangan vitamin A. Betakaroten diserap oleh tubuh dan diolah menjadi vitamin A.

8. Meningkatkan Kecerdasan
Kandungan omega 3 dan omega 9 dalam buah merah dapat merangsang daya kerja otak dan meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu buah merah cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

9. Meningkatkan Gairah dan Kesuburan
Buah merah, menurut mereka yang mengkonsumsinya, dapat membantu meningkatkan gairah seksual kaum pria. Efek pengobatan bervariasi, ada yang bereaksi setelah 15 menit meminumnya, ada juga yang setelah satu atau dua jam meminumnya.

Vitamin E dalam buah merah membantu meningkatkan produksi sperma. Selain itu, buah merah mengandung energi tinggi, yaitu 400 kilo kalori.

TESTIMONIALBerikut adalah kesaksian dari mereka yang telah mencoba kehebatan minyak buah merah:

1. Agustina Sawery (AIDS)
Karena dihimpit kemiskinan, Agustina Sawery terpaksa menjadi seorang pekerja seks komersial. Pekerjaan ini menyebabkan Agustina terkena penyakit AIDS. Hal ini diketahuinya setelah pada bulan Desember 2003, dirinya divonis menderita AIDS oleh dokter.

Perempuan yang baru berusia 23 tahun ini tubuhnya menjadi kurus kering, hanya tersisa tulang dibalut kulit. Berat tubuhnya turun dari sebelumnya 50 kilogram lebih menjadi hanya 27 kilogram. Dia juga mengalami infeksi anus, gangguan fungsi hati, mulut bercendawan dan infeksi paru-paru. Semua penyakit itu diakibatkan kekebalan tubuhnya dirontokkan oleh virus HIV penyebab AIDS.

Sejak itu Agustina dirawat selama tiga bulan di RSUD Jayapura. Karena fungsi hati rusak, ia tak dapat menelan obat dan makanan apapun, oleh karena itu ia bergantung hanya pada infus. Melalui Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, ia dipertemukan dengan Drs. I Made Budi MS. Sejak April 2004, Agustina mengkonsumsi ekstrak buah merah pemberian Made.

Perlahan-lahan kondisi Agustina membaik. Tiga bulan mengkonsumsi ekstrak buah merah, berat tubuhnya pulih menjadi 46 kilogram. Selain itu wajahnya menjadi lebih ceria dan sorot matanya semakin bersinar. Kulitnya yang semula busik kembali mulus. Rambutnya yang tadinya rontok tumbuh kembali. Singkat kata, Agustina menjadi lebih bugar. Padalah sebelumnya, menurut kesaksian Made, kondisinya sudah sangat parah dan tak ada lagi harapan.

2. Heni Winarti (Kanker Otak)
Ibu Guru SD Tlekung yang lahir ada tahun 1961 dan tinggal kota Apel, Batu, Jawa Timur ini pada pertengahan 2004 merasakan sakit pada kepalanya, dan telinganya mulai mendengung sehingga aktivitasnya terganggu. Kondisi ini bisa terulang beberapa kali dalam sehari.

Setelah Heni pergi ke dokter dan kepalanya di-scan, Heni dinyatakan menderita kanker otak dan harus dioperasi. Namun begitu Heni menolak untuk dioperasi.

Pada akhir 2004, dia diberi minyak buah merah oleh rekan-rekannya. Setelah mengkonsumsi satu sendok makan setiap hari selama seminggu, kesehatannya mulai membaik. Sakit di kepalanya berkurang dan hanya sesekali menyerang, tidak seperti sebelumnya.

Sejak sat itu, Heni memesan minyak buah merah langsung dari Wamena, sentra buah merah. Dosisnya dia tingkatkan menjadi dua kali sehari. Sejak itu sakit kepalanya mereda. Bahkan dia tidak perlu lagi ke dokter. Aktivitasnya dan kegiatan mengajarnya kembali normal.

3. Ny. Subari (Cerebral Apoplexy)
Ny. Subari, pada bulan September 2002 terserang cerebral apoplexy sehingga tubuh sebelah kirinya tak bisa digerakkan, mati sama sekali. Ketika itu pandangannya kabur, pusing dan stress.

Setelah meminum ekstrak buah merah dua sendok makan sehari selama tiga bulan, ia dapat melepas tongkatnya dan kembali beraktivitas.

4. Hari Tjahyono (Wasir)
Hari merasakan panas dan sakit ketika duduk dan buang air besar. Saat berobat di rumah sakit di Wamena, ia diberikan obat yang dimasukkan melalui lubang dubur. Walaupun demikian, penyakitnya tak kunjung sembuh.

Seorang rekannya kemudian memberikan satu botol minyak buah merah. Setelah meminum minyak buah merah sekali sehari, panas di duburnya mulai menghilang. Wasir yang dideritanya sembuh setelah seminggu mengkonsumsi buah merah.

5. Wardoyo (Hepatitis B)
Pada awal 1997, Wardoyo diserang hepatitis B yang membuat kulitnya menjadi kuning dan wajahnya pucat pasi. Perut bagian atasnya membengkak dan ulu hatinya terasa sangat nyeri. Selain itu badannya sering lemas, kepalanya sering terasa pusing, dan mengalami sulit tidur. Pada waktu itu Wardoyo mengira hal ini disebabkan karena kelelahan bekerja.

Setelah memeriksakan darahnya di RS Pertamina Cirebon, diketahui nilai SGPT dan SGOT-nya meningkat melampaui ambang normal, pertanda hatinya mengalami kerusakan. Dokter yang memeriksanya mengambil kesimpulan bahwa Wardoyo terkena hepatitis B.

Berobat ke sana-sini dan dirawat inap di RS Pertamina tak membuat keadaannya menjadi lebih baik. Malah kondisi badannya terus menurun. Kemudian, setahun lalu, ketika diadakan pameran, anjungan Papua memamerkan sari buah merah yang dipromosikan dapat menyembuhkan banyak penyakit, salah satunya hepatitis B. Maka dibelinya dua botol sari buah merah. Cairan itu diminumnya dua kali sehari.

Pada waktu itu, kadar SGPT dan SGOT-nya menurun mencapai kadar normal. Setalah meminum tuntas dua botol sari buah merah, dia mengalami kesembuhan total.

6. Doni (Asam Urat)
Awal tahun 2005 Doni asal Purbalingga Jawa Tengah, mengenal minyak buah merah. Sebelumnya dia menderita asam urat. Setiap malam dia tidak bisa tidur nyenyak, linu – linu di kakinya yang kadang sampai membengkak membuatnya sulit untuk beristirahat. Ditambah setiap malam sering kali dia berkeringat. Ditawarkan oleh seorang teman dia mencoba mengkonsumsi minyak buah merah 2 kali sehari. Baru 3 hari pemakaian linu linu di kakinya sudah berkurang. setelah 2 minggu mengkonsumsi yang bersangkutan memeriksakan ke dokter. Dan hasilnya dia sembuh total. Meski demikian dia tetap melanjutkan konsumsi buah merah bersama istrinya yang juga sembuh dari penyakit maag dan pegal linu di sekitar pinggang

7. Dan berbagai kesaksian lainnya seperti TBC, kanker paru paru, maag dan ambein menahun, darah tinggi, lupus….

Ada banyak lagi kisah-kisah mengenai betapa mujarabnya buah merah menyembuhkan penyakit. Banyak orang yang terbebas dari penyakit-penyakit seperti kanker kandungan, kanker paru, kanker payudara, stroke, maag, kencing batu, leukimia, wasir / ambeien, stroke, paru paru, gangguan mata, dan sebagainya.

Selain khasiat-khasiat yang telah disebutkan di atas, buah merah juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh bagi yang sehat. Buah merah mengandung banyak vitamin dan gizi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri.
Ciri dari buah merah yang berkasiat ialah buah merah yang telah matang dan bentuknya kurang lebih membentuk semacam lampu, buah merah yang demikan yang memang benar-benar berkhasiat.

HABITAT
Berbicara habitat, memang banyak dari para produsen saat ini berlomba-lomba mencari daerah habitat buah merah di luar papua dengan mengkesampingkan mutu.

Berdasarkan survei ada beberapa produsen besar yang mana untuk mendapatkan buah merah ini, mereka khusus mendatangkan kapal dan mulai untuk memanen buah merah secara massal dan besar-besaran dari sekitar halmahera utara dan sekitarnya.

Namun upaya ini sebenarnya merupakan langkah bunuh diri bagi perusahaan yang bersangkutan, sebab pada habitat buah merah yang diambil dari daerah pesisir , tidak mengandung senyawa-senyawa antioksidan yang terbukti saat ini , berpotensi untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Sehingga jelas di pemandangan kami, bahwa orientasi perusahaan yang demikian memang hanyalah pada margin keuntungan dengan menomorduakan kualitas. Bahkan saat kami tanya pada penduduk setempat mengenai kegunaan buah tersebut, banyak dari mereka mengatakan bahwa buah merah tersebut, selama ini hanya dijadikan sebagai komoditas untuk bahan baku pewarna, namun karena permintaan dari produsen maka tidak ada alasan bagi mereka untuk memanen buah merah tersebut untuk para produsen.

Tips dari kami janganlah cepat percaya kata-kata asli, saran kami cobalah untuk membeli secara kecil satu persatu dan buktikan kemurniannya dengan cara

1. Menyimpan di almari es (bukan frezzer)
Bila memang ternyata membeku dan tampak semacam lapisan terpisah, maka jelas produk yang anda beli di campur minyak goreng/minyak zaitun/kecap (campuran terpisah), Banyak mengatakan buah merah bagus bila di campur dengan minyak zaitun, secara gamblang dasar demikian dari mana? Padahal penyampuran buah merah dengan bahan lain seperti minyak goreng menjadikan campuran tersebut menjadi minyak jenuh. Secara umum penyampuran tersebut sangat berbahaya khususnya bagi penderita asma, sirosis, gangguan paru-paru, bisa jebol organ yang bersangkutan.

Info terbaru: pastikan Anda tidak menyimpannya di kulkas bagian atas atau dekat freezer. karena minyak buah merah tetaplah berupa minyak. jadi pada suhu tertentu dia akan membeku. Bagaimana bila sampai membeku? tidak perlu khawatir, cukup Anda letakkan di pada suhu ruangan, tak berapa lama biasanya sudah mencair kembali, silahkan Anda kocok-kocok.

Mengapa membeku? Sebenarnya ada banyak ragam dari buah merah, tapi secara umum ada 2 jenisy yang dari daerah lembah (seperti dari lembah baliem (lembah di pegunungan jayawijaya), dsb) dan dari daerah pegunungan yang lebih tinggi. adapun ciri dari dearah pegunungan tinggi adalah hasil minyak yang dihasilkan lebih cepat membeku ketimbang dari daerah lembah. jadi apabila membeku karena anda menyimpannya di kulkas terlalu dingin jangan cepat menyimpulkan kalau produk tersebut palsu! bagaimana membedakan dengan yang palsu? mudah, anda perhatikan dibawah sinar matahari / sinar lampu yang terang. Coba Anda terawang, apabila bekunya merata atau menyeluruh dapat dipastikan itu asli, apabila palsu campurannya terlihat akan tampak ada endapan yang terpisah / warna beda sehingga tampak seperti ada 2 lapisan. nah lapisan yang atas ini biasanya adalah lapisan dari bahan campuran seperti minyak, kecap, air, dsb.

2. Meneliti dengan Menyinari + warna gelap, merah tua bukan orange
Bila mengandung campuran , saat kita senter botol yang kita beli tidak akan terlihat tembus pandang, atau dengan kata lain masih banyak serat atau pasta yang di dalam. Pasta yang masih berada didalam inilah yang menyebabkan buah merah cepat membusuk, seperti halnya buah mengkudu atau noni yang harus di habiskan dengan segera. Namun untuk buah merah pada umunya lebih lama masa pembusukannya, namun bila Anda membeli dari produsen hal yang demikian harus sesegera mungkin untuk dikonsumsi ataupun bila anda menjual harus segera untuk di jual, sebab di pengalaman kami , pernah sekali kami menjumpai buah merah yang masih dalam botol namun kondisinya sudah membusuk, apakah anda akan mengkonsumsinya?

3. Meneliti Melalui Aroma (tidak berbau asam)
Metode ini dapat anda buktikan setelah Anda membeli semua produk mereka, sebab kami tidak ingin di anggap menjelek-jelekan produk orang. Biasanya aroma seperti wijen akan kuat untuk buah merah yang benar-benar asli. Sebab diantara kelima perusahaan yang menerima Depkes, kami mencoba ada yang aroma wijennya sedikit, padahal dahulu sebelumnya sangat kuat.

4. Feses Merah
Cara ini terbukti efektif untuk meneliti apakah buah merah asli atau tidak. Umumnya orang yang mengkonsumsi buah merah warna feses atau kotorannya akan berwarna merah yang berasal dari warna alami minyak buah merah, meski hanya mengkonsumsi satu sendok makan.

5. Sari buah asli titik didihnya rendah
cukup 10 menit saja, sari buah beku akan mencair jika dipanaskan. Sementara yang “Aspal” (asli tapi palsu) baru akan meleleh setelah 30 menit dipanaskan.

6. Kandungan air nol + endapan pasta nol
caranya, bila asli setelah dikocok lalu didiamkan warna tetap sama, apabila tidak murni biasanya antara air, campuran, pasta dan minyak buah merahnya akan terpisah seperti lapisan lapisan. dengan air paling atas, campuran yang lebih pekat di bagian dasar.

7. Generalisasi
Tips dari kami untuk Anda bermain aman bila anda ingin menjual lagi ataupun mengkonsumsi adalah pilihlah dari prdusen yang jelas-jelas asli produksi Irian. Karena merek /brand tidak menjamin bahwa produksi mereka menggunakan bahan baku dari Irian Jaya. Sebab kandungan yang di dalam buah merah ini yang menurut kami hal terpenting saat anda membeli suatu produk.
selamat mengkonsomsi

Bagaimana memilih minyak buah merah yang baik?

Kategori:CETROL N-15
  1. 10 Januari 2015 pukul 22:39

    Right here is the perfect blog for everyone who
    really wants to understand this topic. You understand so much its almost tough to argue with you (not that I
    personally would want to…HaHa). You certainly put a new
    spin on a subject which has been written about for a long time.
    Great stuff, just great!

  2. obat penyakit maag
    4 November 2014 pukul 14:01

    Thanks for another great post. The place else could anybody get that type of info in such an ideal approach of writing?
    I have a presentation subsequent week, and I’m on the search for such information.

  3. 10 September 2014 pukul 11:44

    Hi, I do think your site could be having browser compatibility problems.
    Whenever I take a look at your web site in Safari, it looks fine however, when opening
    in IE, it’s got some overlapping issues. I simply wanted
    to provide you with a quick heads up! Apart from that,
    fantastic website!

  4. 28 Juni 2014 pukul 11:35

    sangat bagus gan, betakaroten dan antioksidannya sangat tinggi, bagus banget utuk terapi tumor dan kanker yang diderita, makasssih

  5. 18 April 2014 pukul 05:04

    I’m really impressed together with your writing talents as
    smartly as with the layout in your weblog. Is this a paid subject or did you customize it your self?
    Anyway keep up the nice quality writing, it is rare to peer a nice blog like this one nowadays..

  6. 11 Februari 2014 pukul 01:51

    You actually make it seem really easy with your presentation however I to find this topic to be actually one thing which I think I’d never understand.
    It seems too complex and very wide for me. I am looking forward on your subsequent publish, I will attempt to get the cling of it!

  7. 19 Juli 2013 pukul 12:28

    This is very interesting, You are a very skilled blogger.
    I have joined your rss feed and look forward to seeking more of
    your great post. Also, I have shared your web site in my
    social networks!

  8. 3 Mei 2013 pukul 05:16

    Wonderful post! We are linking to this particularly great content on
    our website. Keep up the great writing.

  9. 1 Mei 2013 pukul 12:22

    I have been exploring for a little bit for any high quality
    articles or weblog posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I finally
    stumbled upon this site. Reading this information
    So i am glad to exhibit that I have an incredibly excellent uncanny feeling I
    found out just what I needed. I most no doubt will make sure
    to do not put out of your mind this website and provides it a glance regularly.

  10. ika
    1 Oktober 2011 pukul 00:27

    Dimana saya bisa mendapatkan buah merah tersebut untuk saya konsumsi?
    dan di mana saya bisa pesan buah merah tersebut? segera di balas, langsung ke Email saya saja!!

  11. linda
    7 Oktober 2010 pukul 05:29

    saya telah sembuh dari penyakit pilek menahun

  12. hari cahyono
    22 September 2010 pukul 08:59

    saya mengucapkan terima kasih atas informasinya tetapi saya ada pertanyaan apa benar buah merah yang sudah dimasak berbau busuk, apakah sudah membusuk atau salah mengolahnya

  13. umar
    5 Januari 2010 pukul 03:46

    Bila ada yg membutuhkan SARI BUAH MERAH kami dpt bantu kebetulan kaka menetap di Kurulu Wamena 0812 8039 6464

    • 5 Januari 2010 pukul 04:04

      ok, makasih ntar kami hub kalau ada yang pesan, kami juga memproduksi herbal. kalau bisa diekstrak dan dikapsulkan nanti coba kami produksi dan pasarkan sekalian

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: